Dilarang Menggoreng Daging Kambing Atau Sapi, Ini Jawabanya !

KOTA MADIUN- Dalam perayaan hari raya Idul Adha hidangan yang tersaji biasanya dari daging kambing dan sapi. Namun, sering muncul kekhawatiran dalam mengkonsumsi daging kambing atau sapi. Ada anggapan jika mengkonsumsi daging kambing atau sapi akan berisiko tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Tekanan darah tinggi atau kolesterol menjadi momok jika hendak mengkonsumsi daging kambing atau sapi. Seperti halnya pada Idul Adha seperti saat ini dimana sebagian besar warga pasti memasak daging kurban. Namun mengkonsumsi daging kambing atau sapi disarankan untuk tidak berlebih.

Evi Nurhamidah, dokter spesialis dalam RSUD Kota Madiun mengatakan pada setiap 100 gram daging sapi ternyata mengandung 201 kilokalori, 18,8 gram protein, 14 gram lemak, 60 miligram kolesterol, 2,8 miligram zat besi dan 11 miligram kalsium.

Sedangkan setiap 100 gram daging kambing mengandung 149 kilokalori, 16,6 gram protein, 9,2 gram lemak, 22 miligram kolesterol, 1 miligram zat besi dan 11 miligram kalsium.

Ditambahkan Evi, masyarakat dianjurkan juga untuk tidak memasak daging sapi maupun kambing dengan cara digoreng. “ Kenapa ? karena hal itu bisa meningkatkan jumlah kandungan kolesterol dalam daging itu sendiri,” terang Evi Nurhamidah.

Tidak ada batasan berapa banyak mengkonsumsi daging sapi atau kambing per hari. Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi daging kambing atau sapi secara berlebih bisa meningkatkan kadar kolesterol. Hindari bagi orang yang beresiko hiperkolesterol.

Komentar
READ  Pencuri Spesialis Kabel Telepon Antar Kota Diringkus Polisi

Baca Juga

Leave a Comment