Gawat, Api Mulai Merembet Ke Pemukiman Warga

PONOROGO- Kebakaran hutan di Ponorogo, kali ini  berada di kawasan hutan rakyat Gunung Nglarangan, Desa Muneng, Kecamatan Balong, Ponorogo. Meski tak membuat tanaman jati dan tanaman alba mati, namun besarnya hembusan angin membuat warga resah karena merembet ke bawah dan mengancam pemukiman warga.

Puluhan hektar kawasan hutan di Gunung Nglarangan Desa Muneng, Balong terbakar hebat. Kebakaran hutan ini terjadi siang bolong dan hingga sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran.

Besarnya titik api ditambah angin kencang membuat kobaran api terus meluas dan menyebar di beberapa titik di hutan rakyat milik warga setempat yang tanami pohon jati dan pohon alba. Dampaknya, membuat warga sekitar resah dan mematikan api dengan alat seadanya.

Sebab jika tidak dimatikan dapat dipastikan titik api akan merembet terus ke bawah hingga ke mendekati pemukiman warga. Inilah yang membuat warga setempat mulai panik dan berusaha untuk memadamkan dengan alat sederhana.

Menurut salah satu warga, kebakaran hutan rakyat  ini terjadi setiap tahun yakni saat musim kemarau tiba. Warga sangat menyayangkan  tanaman di kawasan hutan tersebut sebab belum ada upaya pemadaman dari pihak terkait.

Warga  terus berharap kepada petugas terkait untuk segera melakukan pemadaman agar api tidak semakin meluas hingga merembet  pemukiman warga sekitar.

Komentar
READ  Curi HP di 13 TKP, Dua Pemuda Diringkus Polisi

Baca Juga

Leave a Comment