Panjat Debog Ala Karang Taruna Dungwaluh

NGAWI – Perayaan HUT RI ke 72 masih berlanjut hingga saat ini. Karang taruna Prabu Putra Dusun Dungwaluh Desa Campursari Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, salah satunya yang melaksanakan berbagai macam kegiatan. Salah satu lomba yang mengocok perut yakni panjat debog alias pohon pisang.

Pada kesempatan ini rangkaian acara diawali dengan jalan sehat bersama yang di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dewasa hingga anak anak. Jalan sehat ini nantinya akan melewati rute atau jalan perkampungan Dusun Dungwaluh dan finish akan dilaksanakan pengundian hadiah yang telah disiapkan.

Usai melaksanakan jalan sehat bersama, seluruh masyarakat kemudian dihibur dengan panjat Gedebog atau batang pisang terbalik. Dengan semangat para peserta mulai menaiki gedebog yang telah dilumuri dengan olie untuk mengambil bendera merah putih yang ada puncaknya.

Jatuh bangun di kobangan air lumpur menjadi hal yang harus di rasakan. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peserta gedebog justru menjadi hal yang lucu untuk para penonton.

Dimalam harinya atau di malam puncak, karang taruna Prabu Putra Dusun Dungwaluh melaksanakan pengundian hadiah utama, yakni 2 ekor kambing, magicom serta sepeda angin. Namun sebelum hadiah utama tersebut dilakukan pengundian, tari tarian dan seni karawitan disuguhkan untuk masyarakat dan para tamu undangan dari pejabat pemerintah desa.

Kemeriahan HUT RI seperti ini diharapkan tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun seluruh masyarakat dapat mengambil makna dari kemerdekaan untuk mengenang jasa jasa para pahlawan merebut kemerdekaan.

Dirgahayu Republik Indonesia ke 72, Indonesia Kerja Bersama.

Komentar
READ  Harga Dan Pasokan Kedelai Impor Stabil

Baca Juga

Leave a Comment