Puluhan Barongan Unjuk Gigi Di Parade Reog Obyog

PONOROGO- Parade ratusan seniman reog obyog yang digelar di Alon-Alon Ponorogo  mampu menyedot animo ribuan warga. Parade ini selain menjadi ajang temu-kangen para seniman reog jalanan, sekaligus menjadi wadah ratusan seniman reog untuk berlatih dan unjuk gigi.

Parade ini diawali dengan ritual yang dipimpin para sesepuh seniman reog. Mantra dan doa-doa yang yang diiringi dengan musik gamelan menjadi penanda reog obyog akan dimulai. Reog obyog merupakan bentuk kesenian jalanan dari grup reog yang hanya terdiri dari dadak merak atau barongan jathilan atau pasukan berkuda dan pujonggo-anom diiringi para penabuh alat musik.

Biasanya digelar dalam hajatan warga serta berjalan keliling kampong, dan justru reog obyog inilah yg merupakan kesenian asli Ponorogo sebelum akhirnya muncul reog festival yg digelar setiap bulan suro atau muharam.

Parade reog obyog yang baru digelar setelah hampir 30 tahun ini kontan menjadi ajang temu kangen para seniman reog obyog di Ponorogo. Nuansa bahagia terpancar dari para pelaku seni reog asli Ponorogo ini.

Dalam parade kali ini sedikitnya ada 40 barongan, puluhan pujonggo anom serta ratusan jathilan yang terlibat. Parade makin meriah karena ratusan seniman reog lainnya juga ikut bergabung bersama ribuan warga di Alun-Alun kota Ponorogo.

 

Komentar
READ  Bupati Ponorogo Temui Para Bentor Dan Beri Solusi

Baca Juga

Leave a Comment