6 Daerah Sepakat Tingkatkan Infrastruktur Selingkar Wilis

MADIUN – Enam kepala daerah yang berada diwilayah mataraman berencana mewujudkan impian bersama terkait peningkatan insfraktruktur Lingkar Wilis.  Pembangunan jalan rencananya akan dikoneksikan di enam wilayah, terdiri dari  Kediri,  Trenggalek,  Tulungagung,  Ponorogo,  Madiun dan Nganjuk yang diberi nama Tunggal Rogo Mandiri.

Pembangunan Lingkar Wilis dimaksudkan untuk menghidupkan perekonomiaan warga masyarakat ditepian daerah, dengan potensi alam cukup luar biasa mulai dari Agrobisnis, dan Agrowisata yang berada dilereng gunung wilis. Rapat koordinasi ini juga dihadiri sejumlah anggota komisi 5 DPR RI serta Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) di Kementrian PUPR.

Wacana pembahasan upaya untuk menghubungkan insfrastruktur daerah di lingkup Mataraman Selingkar Wilis ini sudah dibahas sejak tahun 2014 lalu, dan kemudian ditindak lanjuti dengan rapat koordinasi kali ini.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) di kementrian PUPR,  Rido Matari Ichwan menargetkan,  pembangunan jalan Lingkar Wilis jika ingin menjadi jalan nasional,  kewajiban pemerintah daerah adalah menghubungkan jalan satu dengan daerah lainnya harus segera terhubung.

Pertemuan enam kepala daerah ini dimaksudkan untuk meyelaraskan program pembangunan jalan Lingkar Wilis.  Keberadaan Gunung Wilis memisahkan wilayah Mataraman antara satu kabupaten dengan kabupaten lainnya, maka dari itu guna menunjang sarana dan prasarana untuk pengembangan perekonomian, agrobisnis dan agrowisata,perlu adanya infrastruktur peningkatan akses transportasi yang layak.

Ditargetkan peningkatan kesejahteraan masryarakat Selingkar Wilis segera Terealisasi, dan Aksesbilitas antar enam daerah tersebut segera terkoneksi, jalan akses yang layak digunakan.

Komentar
READ  Duet Manteb-Anom Buka Rangkaian Grebeg Maulud

Baca Juga

Leave a Comment