Antisipasi Rawan Pangan, Simpan Gabah Kering

MADIUN – Dalam rangka untuk mengantisipasi kerawanan pangan dan apabila terjadi bencana alam, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten melakukan jalinan kerjasama dengan UD. Setia Budi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun Lilin Syarifah Aniesah kemarin bersama para stafnya mengunjungi gudang penyimpanan gabah dan melihat kualitas gabah yang dihasilkan. Selain itu juga melihat langsung proses penggilingan padi yang berada di desa slambur dan  areal persawahan penghasil gabah.

Ketika dikonfirmasi Lilin Syarifah Aniesah mengatakan, Pemerintah Daerah harus menyiapkan stok atau cadangan pangan untuk menghadapi dan mengatasi apabila terjadi masa-masa kerawanan pangan dan bencana. Untuk itu pemerintah daerah harus menyediakan stok beras atau stok gabah kering yang siap digiling sejumlah minimal 14 ton untuk ketersediannya.

Dijelaskannya, kenapa harus beras kering siap giling, karena bisa disimpan tahan lama. Apabila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa segera digiling dan ud setia budi yang menjadi Mitra kerjasama BKP mempunyai mesin penggilingan padi serta mempunyai kapasitasnya gudang yang cukup besar.

Budiono pemilik UD. Setia Budi menjelaskan, gudangnya mencapai kapasitas nya bisa mencapai 100 ton. Maksud dan tujuan pihaknya bekerjasama dengan dinas ketahanan pangan kabupaten madiun adalah menitipkan gabah sewaktu-waktu nanti diperlukan  untuk bencana alam, rawan pangan dan lain sebagainya. UD. Setia Budi yang digandeng siap untuk menggiling padi dan siap untuk mengantarkannya.

Pria yang akrab dpanggil Pak Ndomo ini juga mengucapkan, banyak terima kasih kepeda Pemerintah Kabupaten Madiun yang telah mengadakan program penyimpanan gabah untuk mengantisipasi kerawanan pangan masyarakat.

Pihaknya berharap jangan sampai di kabupaten madiun khususnya dan indonesia apada umumnya tidak terjadi kerawanan pangan. Apabila terjadi pun sebelumnya pemerintah telah melakukan persiapan-persiapan dari pemerintah daerah .

READ  Permendagri, PDAM Lawu Tirta Sesuaikan Tarif

Diharapkan melalui jalinan kerjasama ini, bisa memperkuat dan mempertahankan ketersediaan pangan di wilayah kabupaten madiun untuk mengatasi apabila terjadi situasi sulit rawan pangan maupun bila terjadi bencana.

 

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment