Dukungan Calon Independen Minimal 10 Persen DPT Pilpres

KOTA MADIUN- Komisi Pemilihan Umum Kota Madiun telah menetapkan syarat dukungan bagi calon perseorangan yang akan maju dalam pilkada 2018 mendatang. Pasangan calon perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 10 persen dari daftar pemilih tetap atau DPT.

KPU Kota Madiun melakukan rapat pleno untuk menetapkan syarat dukungan pasangan calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah Kota Madiun 2018. Sesuai aturan perundang-undangan penetapan dukungan minimal calon perseorangan tidak lagi berdasar jumlah penduduk tetapi mengacu DPT pemilu terakhir yakni pemilihan Presiden 2014. DPT Pilpres 2014 Kota Madiun sebanyak 144.407 pemilih dengan rincian 69.031 pemilih laki-laki dan 75.376 perempuan.

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko menjelaskan calon perseorangan yang akan maju dalam pilkada 2018 mendatang harus mendapatkan dukungan minimal 10 persen dari DPT Pilpres 2014. Calon perseorangan wajib memperoleh dukungan minimal 14.441 pemilih. Tidak hanya itu syarat dukungan calon perseorangan diisyaratkan tersebar lebih 50 persen dari tiga kecamatan se-Kota Madiun.

Penyerahan syarat dukungan pasangan calon dari jalur perseorangan ke KPU Kota Madiun dijadwalkan November 2017 nanti. Diantaranya menyerahkan fotocopy KTP disertai tanda tangan serta mengisi form yang disediakan KPU. Sejauh ini KPU belum menerima laporan terkait pasangan calon yang maju dari jalur independen.

Komentar
READ  Tersapu Angin Kencang, Warga Bersihkan Puing Bangunan

Baca Juga

Leave a Comment