Serangan Hama Lalat Buah Bikin Petani Cabai Merugi

Serangan Hama Lalat Buah Bikin Petani Cabai Merugi

PACITAN- Nasib baik tak berpihak ke petani di Kecamatan Arjosari Pacitan. Memasuki masa panen raya hektaran lahan tanaman cabai milik petani justru diserang hama lalat buah. Serangan hama ini membuat sebagian buah cabe siap panen mengering mati.

Petani cabai di Desa Gunungsari Kecamatan Arjosari Pacitan dinaungi ketidakberuntungan. Ini setelah hektaran lahan cabai siap panen gagal menghasilkan buah maksimal. Penyebabnya tak lain adalah serangan hama lalat buah yang merusak kwalitas buah cabai. Serangan hama ini membuat buah cabai menjadi busuk dan mongering.

Para petani tak bisa berbuat banyak karena beragam upaya mengatasi serangan hama ini tak membuahkan hasil. Terlebih selain hama lalat buah hama tungau juga menyerang daun tanaman cabai. Para petani hanya pasrah meski hasil panen cabai kali ini turun drastis hingga mencapai 50 persen lebih.

Pada masa panen cabai ini petani dipastikan merugi jutaan rupiah. Modal sebesar 25 juta rupiah untuk biaya penggarapan lahan hingga masa panen sulit terkumpul kembali karena produktivitas cabai tak sesuai harapan.

 

Komentar
READ  Sosialisasi Pelanggaran Pemilu Lewat Wayang Kulit

Baca Juga

Leave a Comment