Usung Paslon, Parpol Wajib Miliki 6 Kursi DPRD

KOTA MADIUN- Pilkada Kota Madiun akan berlangsung pada 2018 mendatang. KPU Kota Madiun telah menetapkan syarat partai politik yang akan mengusung pasangan calon nantinya. Parpol atau gabungan parpol wajib memiliki 6 kursi legislatif untuk mengusung pasangan calon.

Hal itu setelah KPU Kota Madiun melakukan rapat pleno dengan seluruh komisioner serta dihadiri oleh Panwaslu Kota Madiun. Sesuai ketentuan partai politik atau gabungan partai politik dapat mengajukan pasangan calon apabila memperoleh paling sedikit 20 persen dari kursi DPRD Kota Madiun. Artinya parpol atau gabungan parpol minimal memiliki 6 kursi dari 30 kursi legislatif DPRD Kota Madiun.

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko mengatakan jika tidak memakai jumlah kursi maka parpol atau gabungan parpol bisa memakai akumulasi jumlah suara sah dalam pemilu terakhir. Akumulasi jumlah suara sah dalam pemilu DPR, DPD, DPRD tahun 2014 lalu sebanyak 101.632 suara. Jumlah tersebut dikalikan 25 persen sehingga minimal syarat pencalonan berdasarkan perolehan suara sah sebanyak 25.408 suara.

KPU Kota Madiun telah memulai pentahapan Pilkada 2018, termasuk persiapan pendaftaran pasangan calon dari jalur perseorangan.

 

Komentar
READ  Bruuak ! Pengendara Motor Tersambar KA Saat Hujan Deras

Baca Juga

Leave a Comment