DD Tahap Kedua Segera Cair, ADD Malah Macet

KAB MADIUN – Penantian panjang pencairan Dana Desa tahap kedua segera berakhir, menyusul diterimanya Laporan Penggunaan dan Pertanggungjawaban DD oleh BPKAD  Kabupaten Madiun. Sementara itu penyaluran add tahap ketiga dikabupaten Madiun malah macet lantaran ada dua desa yang belum mengajukan pencairan.

Rekapitulasi penggunaan DD tahap pertama senilai 94, 91 milyar siap ditandangani Bupati Madiun. Rekapitulasinya pun juga akan diperiksa terkebih dahuklu oleh Kantor Perbendaharaan Kas Negara KPKN. Jika KPKN menyatakan tidak ada masalah, maka DD tahap kedua senilai 63 milyar segera ditransfer pusat agar pengajuan dari beberapa desa dapat segera diproses.

Kepada BPKAD Kabupaten Madiun, Rori Priambodo, menjelaskan, proses rekapitulasi penggunaan dana desa tahap pertama memang memakan waktu lama. Sebab system pelaporan berbasis Informasi dan Teknologi IT merupakan hal baru. Beruntung DPMD kab Madiun sudah menerapkan Siskeudes serentak di 198 desa.

Sementara itu untuk penyaluran ADD tahun ini masih tertahan di tahap kedua lantaran masih terdapat dua desa yang belum mengajukan pencairan, padahal seharusnya pada bulan ini sudah memasuki pencairan tahap ketiga. Besaran ADD tahap dua yang belum tersalurkan sebesar 217 juta sementara yang sudah tersalurkan ke 196 desa lain sebesar 23,82 milyar.

Untuk ADD tahap ke 3 baru 34 desa yang mengajukan. Setidaknya dana 4 milyar dari APBD kab Madiun sudah disalurkan, kini dana 20,3 milyar itu tengah menunggu pengajuan dari 164 desa lainnya.

Komentar
READ  Tegang ! Pengosongan Rumah Aset PT.KAI Diblokade Bambu

Baca Juga

Leave a Comment