Lomba Balap Merpati Liga Jatim Bersatu

MADIUN – Ratusan burung merpati dari bebrgai daerah di Jawa Timur ramaikan lomba balap merpati. Selain untuk lomba, lomba balap merpati juga digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional merpati balap yang merupakan warisan budaya asli Indonesia.

“Satu dua tiga yak, Gooooo” inilah salah satu keseruan para joki balap merpati saat melepas burung jantan pada lomba Balap Merpati Liga Jatim bersatu di arena balap merpati desa Sidomulyo, kecamatan Sawahan, kabupaten Madiun. Merpati merpati jantan ini dilepas oleh para joki dari jarak jauh sepanjang 1000 meter atau 1 kilometer dari finish.

Merpati di lepas dua dua untuk saling berbalapan, barang siapa yang samapai difinish dialah pemenangnya. Di finish sudah ada peserta lomba yang memegangi merpati betina untuk memikat merpati jantan.

Lomba yang digelar persatuan penggemar merpati balap sprint indonesia (ppmbsi) madiun selama tiga hari  dan diikuti sekitar 27 tim, serta ratusan burung merpati balap dari berbagai daerah yang ada di jawa timur.

Jenis lomba terbagi dalam lomba Galatama 500 meter,  Galatama 1.000 meter dan lomba utama 1.000 meter. Tak hanya sebagai lomba balap saja, namun  perlombaan balap merpati ini juga sebagai potensi lokal warisan budaya asli Indonesia, yang patut untuk dikembangkan Tingkat Nasional.

Komentar
READ  132 Ha Terancam Gagal Panen Akibat Diserang Hama Tikus

Baca Juga

Leave a Comment