Rumah Janda Miskin Mau Ambruk

NGAWI – Rumah janda miskin, warga pinggiran hutan jati kabupaten Ngawi, nyaris ambruk dimakan usia. Sudah belasan tahun, rumahnya hanya diperbaiki seadanya, dan belum tersentuh bantuan pemerintah.

Beginilah kondisi rumah nenek Supi, di desa karanganyar kecamatan Karanganyar kabupaten Ngawi. Puluhan tahun hidup di garis kemiskinan, rumah milik lansia ini, tidak layak huni. Dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan kulit pohon jati, sudah mulai lapuk dimakan usia. Tiang dan atap rumah, juga sudah dimakan rayap, sehingga beresiko ambruk sewaktu waktu.

Saat Perangkat Desa dan petugas Koramil datang, nenek Supi sedang diungsikan ke rumah anaknya, karena menderita sakit. Sering kurang makan, janda tersebut menderita sakit maag akut. Berada dalam garis kemiskinan, anaknya juga tak mampu membangun rumah ibunya, yang sudah lama menjanda.

Desa pinggiran hutan jati ini, memiliki beberapa dusun yang berada di perbukitan dan dikelilingi hutan jati Perhutani. Dari pantauan petugas Pos Koramil Karanganyar, ada banyak rumah tidak layak huni, tetapi 4 rumah warga miskin, kondisinya sudah darurat. Melihat hal tersebut, petugas telah mengusulkan renovasi rumah, kepada Kodim Ngawi dan pemerintah setempat.

Kawasan kecamatan Karanganyar, merupakan salah satu daerah yang menjadi fokus pembangunan pemerintah setempat, karena masih banyak warganya yang berada dalam garis kemiskinan. Selain itu, infrastuktur daerah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini, sangat ketinggalan dengan daerah lainnya.

Komentar
READ  Pemerintah RI Akan Bantu Renovasi Benteng Pendem

Baca Juga

Leave a Comment