Sumur Dalam Atasi Masalah Kesulitan Air Bersih

PONOROGO – Hampir disemua daerah di Indonesia, mengalami kekeringan, hal ini membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih . Namun hal ini tidak terjadi di desa Mrican, Ponorogo, karena warga bersama donatur swadaya membuat sumur dalam, untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Dusun Winong, yang ada di desa mrican, kecamatan Jenangan, Ponorogo, hampir disetiap musim kemarau selalu kesulitan air bersih. Hal ini terjadi selama bertahun-tahun, dan warga hanya mengandalkan droping air dari BPBD setempat.

Namun kini warga dusun Winong, bisa bernafas lega, dimana kurang lebih 30 kepala keluarga tidak lagi kesulitan air bersih, setelah adanya, sumur dalam, yang beberapa waktu lalu di buat secara swadaya oleh warga dengan dibantu oleh Komunitas Media Sosial.

Pembuatan sumur dalam merupakan inisiatif warga sendiri, sedangkan untuk pendanaan dibantu oleh Komunitas Media Sosial. Dengan adanya sumur dalam ini, warga tidak lagi kuslitan mendapatkan air bersih, bahkan untuk warga yang rumahnya jauh, juga dapat teraliri air dengan menggunakan mesin pompa tambahan.

Apa yang dilakukan oleh warga dusun Winong, dapat menjadi inspirasi bagi warga di daerah lain, yang mengalami kekeringan serta kesulitan air bersih, dimana campur tangan pemerintah juga tidak, dapat di harapkan, meski semestinya menjadi tanggung jawabnya.

Komentar
READ  Mobil Unmuh Ponorogo Hantam Warung Kopi

Baca Juga

Leave a Comment