1 Suro, Ribuan Pendaki ‘Serbu’ Gunung Lawu

MAGETAN- Tahun baru Hijriyah atau yang dikenal dengan bulon Suro dimanfaatkan oleh para pecinta alam untuk melakukan pendakian di Gunung Lawu. Sebagian ingin menghabiskan libur Muharrom di atas puncak Lawu sebagian memang bertujuan untuk ritual.

Kondisi jalur pintu masuk pendakian Gunung Lawu di Cemorosewu Kelurahan Ngancar Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan cukup ramai. Tidak seperti hari hari biasa, jalur ini dipadati para wisatawan.

Selain moment 17 Agustus, malam 1 Muharrom atau dalam istilah jawa dikenal malam satu suro jalur pendakian Gunung Lawu selalu dipadati wisatawan utamanya mereka yang ingin naik ke puncak gunung setinggi 3265 meter diatas permukaan laut tersebut.

Sebagian dari mereka pergi ke puncak lawu untuk ritual. Sebagian lagi untuk menikmati liburan dan menyalurkan hobinya naik ke puncak gunung bersama para pecinta alam yang datang dari berbagai daerah.

Selain wisatawan yang mendaki ke puncak sebagian dari mereka menikmati malam suro di dekat pos pintu masuk Cemorosewu dengan cara membangun tenda.

Asper BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu DS Marwoto memprediksi pendaki lawu pada moment 1 Muharrom 1439 Hijriyah ini mencapai 2 ribu orang lebih.

Sebagian wisatawan melakukan pendakian pada Rabu malam akan tetapi sebagian lagi pada Kamis Malam karena ada keyakinan yang berbeda tentang malam satu muharrom.

 

Komentar
READ  Akhir Oktober Twin Road Sudah Diaspal

Baca Juga

Leave a Comment