3000 Peserta Meriahkan Pawai Ta’aruf 1 Muharram

MADIUN – Inilah beragam penampilan dari peserta pawai ta’aruf memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah di Kota Madiun. Sekitar 3000 lebih peserta mengikuti pawai yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun. Para peserta ini mulai dari Tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) serta Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto membuka langusng kegiatan pawai ta’aruf ini. Turut hadir, ketua DPRD Kota Madiun, Istono, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun. Tidak hanya itu, tokoh agama serta tokoh masyarakat juga turut menyaksikan pawai ta’aruf ini.

Nuansa putih mendominasi pakaian yang dikenakan oleh para peserta. Beragam persembahan ditampilkan para peserta mulai dari kostum yang unik, atraksi hingga persembahan musik islami. Pawai ta’aruf ini mengambil rute di sejumlah jalan Protokol Kota Madiun seperti jalan Kolonel Mahardi, jalan Panglima Sudirman, jalan Dr Soetomo, jalan Jawa hingga finish di Balai Kota Madiun.

Walikota Madiun serta Ketua Tim Penggerakan PKK Kota Madiun juga mendapat cinderamata dari para peserta seperti lukisan Walikota Madiun hingga buket bunga. Peserta juga membawakan sejumlah tokoh seperti walisongo hingga pahlawan nasional. Beberapa kostum yang dikenakan peserta pun menarik perhatian ribuan warga yang memadati sepanjang rute pawai.

Seperti kostum yang menggunakan bahan dari limbah plastik. Berbagai tarian dari beberapa daerah juga ditampilkan oleh peserta. Tidak ketinggalan, persembahan seni pencak silat yang semakin mengukuhkan madiun sebagai kampung pesilat.

Walikota Madiun , Sugeng Rismiyanto mengaku terkesan dengan penampilan para peserta pawai ta’aruf 1 Muharram ini. Dirinya berpesan agar peringatan tahun baru islam ini dimaknai tidak hanya sekedar formalitas. Namun lebih dari itu, setiap orang harus bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

READ  Unika Widya Mandala Madiun Gelar Wisuda Sarjana 2018

Sementara itu, peringatan 1 Muharram ini untuk mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan juga pengamalannya pada masa kini. Hijrah ini sendiri bukan sekedar pindah tempat tinggal atau tempat pindah rumah. Namun hijrah ini merupakan perintah allah swt juga merupakan strategi perjuangan dalam dakwah islam.

Masyarakat harus bisa mengambil hikmah dari perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW. Masyarakat diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment