Demo Kreasi Telo Disulap Jadi Olahan Variatif

MADIUN – Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Madiun mengandeng sejumlah mahasiswa dari IPB Bogor untuk melakukan kegiatan mengolah singkong menjadi ragam makanan bernilai jual. Kegiatan juga bersamaan dengan berlangsungnya giat BST di desa Sukosari, kec. Dagangan.

Letak Geografis Kab Madiun yang memiliki kekayaan alam seperti tanaman singkong yang berjibun, cukup menarik perhatian Dinas Ketahanan Pangan. Alasan inilah yang kemudian dikemas dalam sebuah kegiatan demo memasak berbahan Baku Telo.

Tidak tanggung tanggung, kegiatan juga disuport sejumlah anak-anak muda dari IPB Bogor. Sejumlah mahasiswa ini tanpa susah payah berhasil mendemokan makanan olahan berbasis ketela. Puluhan ibu-ibu juga nampak serius saat mendengar pemaparan.

Setidaknya ada tiga mahasiswa yang memulai pemaparan dengan mengurai satu persatu langkah-langkah untuk mengolah telo. Seperti dituturkan Elvin Wijaya, satu alasan mengangkat ketela karena bahan baku ini sangat mudah di dapat di pekarangan.

Potensi ketela di Kabupaten Madiun menarik perhatian mahasiswa IPB untuk menyulap menjadi produk makanan bernilai jual, dan mampu mendongkrak ekonomi rumahan. Misalnya, ketela diubah dahulu menjadi Tepung Casava.

Nah, tepung inilah yang kemudian diolah menjadi beragam olahan pangan. Dijelaskan, setelah menjadi tepung tinggal proses agar menjadi produk olahan yang diinginkan. Setidaknya butuh waktu 90 menit dalam proses adonan hingga 2 kali oven.

Perhatian lebih juga dilakukan Tim Penggerak PKK. Sri purwanti Muhtarom, istri bupati madiun, turut mengerakkan minat ibu-ibu agar bisa menterjemahkan demo memasak ini. Tujuanya agar bisa mempraktekkan olahan singkong agar lebih inovatif.

Diharapkan kegiatan semacam ini, aneka sumber daya alam bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jika selama ini hanya itu itu saja, namun begitu ada sentuhan demo demo semacam ini maka ibu ibu rumah tangga bisa melakukanya di rumah sebagai masukan ekonomi tambahan.

READ  Lulusan Stikes BHM Siap Mengabdi Untuk Masyarakat

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment