DPU PR Mulai Realisasikan Master Plan Jaringan Jalan

Magetan – Bertambahnya volume kendaraan baik roda dua atau roda empat lebih membuat arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya utama di Kabupaten Magetan menjadi padat. Ruas jalan raya tidak sebanding dengan jumlah kendaraan, seiring mobilitas masyarakat yang juga semakin tinggi.

Dari itu pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPU PR setempat mulai merancang master plan jaringan jalan raya.

DPU PR dibawah kepemimpinan Hergunadi dan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Muhtar Wachid merancang peningkatan atau pelebaran jalan raya di berbagai titik.

Di sisi utara misalnya pelebaran jalan dilakukan mulai dari Kecamatan Maospati Sukomoro. Di jalur tengah pelebaran jalan dilakukan di Takeran Madigondo hingga Magetan.

Sementara di sisi tengah DPU PR menyasar pelebaran jalan raya mulai dari Lembeyan Parang lurus hingga Plaosan. Selain itu pelebaran jalan raya juga dilakukan di kecamatan Panekan meliputi Turi dan Jabung.

Kabid Jalan dan Jembatan DPU PR Magetan Muchtar Wachid menjelaskan, master plain pembangunan jaringan jalan raya tersebut sudah mulai direalisasikan di lapangan dengan perbaikan atau pelebaran jalan raya. Anggarannya bersumber dari APBD Magetan, D-A-K ataupun bantuan dari Provinsi Jawa Timur.

Ruas jalan raya yang dilebarkan merupakan jalur-jalur utama masyarakat baik jalur ekonomi, pendidikan ataupun jalur wisata. Dengan pelebaran jalan diharapkan bisa mengurai kepadatan atau bahkan kemacetan saat lalu lintas pada waktu tertentu.

Selain itu salah satu master plan jaringan jalan adalah perbaikan ruas jalan raya yang rusak akibat terdampak pembangunan Tol Solo Kertosono. Seperti jalan rusak yang ada kecamatan Kartoharjo Magetan.

Diakuinya saat ini sudah banyak keluhan dari masyarakat terkait jalan raya yang rusak atau berlubang akibat terdampak pembangunan tol. Pihaknya memastikan perbaikan jalan ini akan menjadi prioritas pembangunan untuk tahun berikutnya.

READ  Jelang Idul Adha, Harga Kambing Naik, Sapi Stabil

Selain master plan pelebaran jalan di sejumlah titik di Magetan tahun ini DPU PR juga merampungkan pembangunan Twin Road atau Jalan Kembar Maospati Sukomoro. Anggaran yang ada pada tahun ini diperuntukkan untuk kelanjutan pengerjaan fondasi dan pengerasan jalan yang menghubungkan Kecamatan Sukomoro dengan Maospati tersebut.

Pembangunan Twin Road ini bisa mengurai tumpukan kendaraan dari Maospati menuju Sukomoro atau Kota Magetan. Twin Road Sukomoro akan merubah wajah kabupaten Magetan karena tak ada lagi jalan sempit di jalur padat menuju kota wisata di bawah kaki Gunung Lawu ini.

 

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment