Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Sejarah Perayaan Grebeg Suro 2017

PONOROGO – Kirab pusaka Grebeg Suro, menjadi momen yang ditunggu-tunggu warga Ponorogo maupun wisatawan. Karena disitu warga bisa bernostalgia dan menyaksikan momen-momen perpindahan kota lama ke kota baru.

Diawali dari halaman makam Bathoro Katong kelurahan Setono kecamatan Jenangan Ponorogo dilaksanakan pemberangkatan kirab pusaka dan pawai lintas sejarah dari kota lama menuju pemerintah kabupaten Ponorogo atau kota baru. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan grebeg suro dan Festival Nasional Reog Ponorogo XXIV tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemkab Ponorogo.

Dalam pawai lintas sejarah , dinas pendidikan kabupaten Ponorogo yang di nahkodai oleh hj. Tutut erliena , juga turut andil . Agar para pelajar mengerti tentang sejarah Ponorogo , Dinas Pendidikan mengikutsertakan seluruh sekolah baik Smp/Mts hingga Sma/Smk seluruh wilayah kabupaten Ponorogo.

Ditengah perkembangan zaman seperti saat ini , pawai lintasan sejarah memanglah sangat di tunggu tunggu agar masyarakat maupun generasi muda tidak melupakan sejarah kabupaten Ponorogo pada zaman dahulu kala . Hal tersebut di ungkapkan oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Hj. Tutut erliena.

Mengenai tema dalam Pawai Lintas Sejarah , Dinas Pendidikan kab. Ponorogo mengikuti dengan tema pemerintah kabupaten Ponorogo yakni menuju kab Ponorogo yang lebih maju berbudaya dan religius dan pemerintah pusat yakni indonesia kerja bersama . Masing masing kelompok dari sekolah tersebut di isi oleh beberapa pelajar dengan perannya dari sekolah sekolah yang berbeda.  Kirab pusaka dan pawai lintas sejarah di meriahkan dengan marching band, kereta Kuda Hias, Putri Songgo Langit dan dayang-dayang, pasukan berkuda hingga mobil hias.

Kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam melestarikan dan mewarisi budaya luhur kab. Ponorogo agar para pelajar mengetahui bagaimana sejarah yan gada di Ponorogo. Salah satu peserta kirab mengaku bangga bisa turut serta dalam kirab ini karena sekaligus menunjukan kepada anak didiknya tentang sejarah sejara yang ada.

READ  Bupati Kembali Lakukan Mutasi 389 Pejabat

Peserta kirab pusaka atau pawai lintas sejarah ini nantinya akan melewati beberapa rute mulai makam pendiri Ponorogo, Bathoro Katong, jalan Niken Gandini ke Barat menuju jalan Bathoro Katong selanjutnya perempatan Sultan Agung menuju jalan K.H Ahmad Dahlan hingga Perempatan Pasar Legi.

Kemudian melewati jalan Soekarno Hatta, hingga Pertigaan Ngepos. Kemudian menuju barat jalan Jendral Sudirman sampai Alon-Alon timur. Sedangkan pusaka yang di kirabkan yaitu payung songsong tunggul wulung, tombak tunggul nogo dan sabuk angkin chinde puspito.

Pawai lintasan sejarah ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat . Ini terbukti ratusan bahkan ribuan masyarakat Ponorogo dan sekitarnya memadati pinggir rute yang di lewati oleh peserta pawai. Kirab pusaka dan pawai lintasan sejarah dari kota lama menuju pemerintah kabupaten Ponorogo (Kota Baru), telah sampai di garis finish yakni di depan peseban aloon-aloon kabupaten Ponorogo. Pusaka yang telah di kirab kemudian di lakukan jamasan langsung oleh bupati Ponorogo, yang sebelumnya dilakukan upacara jamasan pusaka.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Grebeg Suro sekaligus sebagai kegiatan jelang puncak perayaan malam pergantian tahun baru islam 1439 H atau 1 suro. Kirab pusaka pawai lintas sejarah ini juga merupakan salah satu budaya adat istiadat yang ada di Ponorogo, dimana setiap bulan suro dilaksanakan Jamasan Pusaka yang di miliki kabupaten Ponorogo dan berharap sebuah berkah kebaikan di tahun tahun yang akan datang untuk seluruh masyarakat kabupaten Ponorogo.

Pawai lintasan sejarah, tidak hanya di tunggu oleh para pelajar agar bisa mengetahui sejarah Ponorogo. Namun acara seperti ini juga di tunggu oleh masyarakat sebagai media hiburan dan mengenang sejarah perkembangan Kabupaten Ponorogo. Di tahun baru islam ini , diharapkan Kabupaten Ponorogo akan semakin berkembang , menuju Kab Ponorogo yang lebih maju Berbudaya dan Religius .

READ  Jalan Sehat dan Pelantikan PDK Kosgoro 1957 kab. Madiun 2017

 

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment