Peran Serta Bidang Peternakan Saat Kegiatan BST

MADIUN – Dinas Pertanian Pemkab Madiun terutama bidang peternakan juga turut menyumbang kegiatan bersamaan dengan kegiatan BST. Ini yang sudah dan terus dilakukan pada kegiatan unggulan Pemkab Madiun itu termasuk menyuplai tambahan minuman bergizi.

Seperti inilah kegiatan BST yang sudah berlangsung  dari tahun ke tahun. Saat mentari belum begitu panas, rombongan bupati dan sejumlah kepala SKPD melakukan kunjungan ke rumah warga yang sedang sakit.

Kegiatan dilanjutkan dengan menggelar kerja bakti. Nah, di sini terlihat peran serta dinas pertanian pada bidang peternakan saat ikut menyuplai minuman susu sapi segar. Minuman sengaja ditaruh dalam kemasan kotak dingin.

Sehingga ketika diberikan pada warga yang ikut Kerja Bakti, dan Unsur Forpimda, dalam hitungan detik susu segar ini langsung ludes. Suplay susu segar sengaja diberikan sebagai nutrisi pada saat usai kerja bakti dan kegiatan lainya seperti di Posyandu.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Madiun, Moch Najib menuturkan, bentuk peran serta terutama bidang peternakan selama ini sudah berjalan sesuai arahan. Pemanfaatan susu segar misalnya, bisa berjalan berkat dukungan peternak sapi di kawasan Kare.

Dalam kegiatan di Posyandu, lanjut najib bidang peternakan juga memberikan bantuan tambahan nilai gizi berupa susu dan telur untuk balita. Peran serta inilah yang akan terus ditingkatkan guna mendukung program kesehatan balita di Kab Madiun.

Tidak kalah penting yaitu sentuhan di Bidang Kesehatan hewan ternak. Menurut najib, di lokasi BST sengaja ditempatkan pos- pos untuk pemeriksaan ternak baik sapi kerbau dan kambing. Di sini hewan bisa diperiksa apakah mengidap penyakit atau tidak.

Ada yang memarik ketika Bupati dan rombongan sengaja melihat dari dekat proses ketika anak sapi menderita kelainan. Tim medis dengan sabar mengeluarkan penyakit dibantu pemilik ternak.

READ  Wabup Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pilkades Serentak

Proses selanjutnya yaitu program inseminasi buatan atau kawin suntik. Ini dilakukan ketika hewan ternak dinilai sudah mulai masa birahi tinggi. Tidak itu saja, hewan ternak juga diperiksa apakah mengalami kelainan Reproduksi sehingga menganggu kehamilan.

Program ini sengaja diusung untuk memudahkan peternak agar tidak sungkan untuk memeriksakan hewanya. Karena di pos ini semua pelayanan tidak dipungut biaya. Namun jika lain hari ada pungutan sesuai regulasi yang jelas.

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment