Puluhan Hektar Hutan Jati Gunung Bancak Membara

MAGETAN- Puluhan hektar hutan jati di Gunung Bancak  Magetan terbakar. Api diduga berasal dari puntung rokok dari pencari kayu. Warga bersama TNI Polri bergotong royong mematikan api dengan menggunakan alat seadanya.

Kepulan asap kebakaran hutan di Gunung Bancak Magetan ini terlihat dari pemukiman warga di Desa Pupus Kecamatan Lembeyan Magetan. Api diketahui warga pada Rabu pagi. Awalnya mereka mengira hanya kebakaran biasa.

Namun hingga siang api semakin membesar membakar hutan yang ditanami pohon jati. Banyaknya pohon dan dedaunan yang kering saat musim kemarau membuat api dengan cepat merembet ke area hutan jati yang ditanami warga desa.

Karena khawatir api semakin meluas dan merembet ke pemukiman warga desa bersama TNI dan Polri bergotong royong berusaha mematikan api menggunakan alat seadanya. Warga juga membersihkan dedaunan yang kering agar api tidak menjalar.

Kepala Desa Pupus, Tumiran di lokasi yang masuk Desa Pupus saja sedikitnya ada 10 hektar hutan jati yang terbakar. Kebakaran hutan jati tidak hanya di Desa Pupus saja akan tetapi di hutan yang masuk di desa lain juga terbakar.

Di ketahui lokasi Gunung Bancak Magetan mencakup beberapa desa seperti Giriporno, Teladan Ngentep Kecamatan Kawedanan. Desa Tapen, Pupus, Krowe Kecamatan Lembeyan. Sundul Kecamatan Parang dan Banjarpanjang Kecamatan Ngariboyo.

 

Komentar
READ  Soekarwo Beri Lampu Hijau Pemasangan Rolling Barrier Di Jalur Sarangan Cemorosewu

Baca Juga

Leave a Comment