Ini Akibatnya Petik Bunga Edelweis Di Puncak Lawu

MAGETAN- Petugas kepolisian dan perhutani mengamankan beberapa pendaki Gunung Lawu karena kedapatan membawa bunga Edelweiss. Sesuai aturan, setiap orang dilarang memetik atau merusak bunga yang disebut bunga abadi tersebut.

Beberapa pendaki yang kedapatan membawa bunga Edelweis saat mereka turun dari puncak Gunung Lawu langsung diamankan petugas. Mereka dibawa ke pos pengamanan milik perhutani yang berada di dekat pos pintu masuk Cemorosewu Plaosan Magetan. Bersama barang bukti beberapa tangkai bunga Edelweis yang mereka petik petugas menginterogasi pendaki asal Jawa Tengah tersebut.

Pasca ditemukan beberapa pendaki yang membawa bunga Edelweis petugas Kepolisian Perhutani, BPBD, Satpol PP dan relawan paguyuban giri lawu memeriksa tas bawaan para pendaki yang turun  dari puncak. Beberapa pendaki yang kedapatan membawa bunga Edelweis langsung dibawa ke pos Perhutani.

Bunga yang dalam istilah ilmiahnya dikenal dengan nama Anaphalis Javanica ini merupakan salah satu tumbuhan yang dilindungi. Sepanjang jalur pendakian beberapa papan larangan memetik bunga Edelweis ini dipasang.

Mengaca pada Undang-Undang nomer 5 tahun 1990/ tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya orang yang sengaja merusak bunga tersebut bisa dipenjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak 200 juta rupiah.

Kapolsek Plaosan AKP Ruwajianto mengatakan kali ini petugas  masih memberi toleransi bagi belasan pendaki yang kedapatan membawa tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan bunga abadi itu. Mereka hanya dibina dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Komentar
READ  Gagal Lelang, Pembangunan Stadion Mandeg

Baca Juga

Leave a Comment