Sudah 2 Bulan Ini Sumber Air Mengering

PACITAN- Dampak musim kemarau semakin dirasakan warga di Kabupaten Pacitan. Di Kecamatan Punung demi memenuhi kebutuhan harian warga harus rela membeli air bersih. Ini  dilakukan karena sumber air bersih di wilayah mereka telah mengering sejak dua bulan terakhir.

Kondisi kekeringan di Pacitan kian memprihatinkan. Seperti di Dusun Nglarangan, Desa Mantren, Kecamatan Punung, Pacitan. Hampir seluruh sumber mata air di wilayah itu sudah mulai mengering.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga harus membeli air dengan harga 180 ribu rupiah untuk 6000 liter air bersih. Belum lagi warga harus membuat tampungan dadakan dengan biaya yang cukup besar.

Kesulitan mendapatkan pasokan air bersih dari sumur maupun pompa ini terjadi sejak dua bulan lalu. Bahkan dalam jangka satu bulan warga sudah dua kali membeli air bersih untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Droping air bersih setiap bulannya tak mampu memenuhi kebutuhan 125 kepala keluarga di Dusun Nglarangan.

Kekeringan yang melanda wilayah itu terjadi hampir setiap tahun saat musim kemarau tiba. Selain membeli air warga rela menempuh perjalanan puluhan kilo meter hanya untuk mendapatkan air bersih.

 

Komentar
READ  Gawat, Api Mulai Merembet Ke Pemukiman Warga

Baca Juga

Leave a Comment