Terganjal PP Sekdes PNS Belum Ditarik

MAGETAN- Meskipun Undang-Undang Desa mengamanatkan Sekretaris Desa diangkat oleh Kepala Desa seperti perangkat desa lainnya akan tetapi hingga sekarang Pemkab Magetan belum juga menarik Sekdes yang berstatus PNS. Alasannya Pemkab menunggu PP atas undang-undang diatasnya.

Rencana Pemkab Magetan untuk menarik Sekretaris Desa yang berstatus pegawai negeri sipil  masih belum terlaksana hingga sekarang. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat  beralasan, masih menunggu peraturan pemerintah yang mengatur penarikan Sekdes yang berstatus sebagai PNS.

Penarikan Sekdes PNS di Magetan masih menjadi dilemma. Dalam undang-undang nomer 06 tahun 2014 tentang desa, pasal 49 disebutkan sekdes merupakan bagian dari perangkat desa yang diangkat oleh kepala desa. Sementara sekdes PNS diangkat oleh Bupati Magetan. Sehingga mengaca pada aturan itu sekdes PNS harus diganti.

Namun dalam pasal 118 disebutkan perangkat desa yang berstatus PNS melaksanakan tugasnya sampai ditetapkan penetapannya yang diatur dengan peraturan pemerintah.

Kepala Dinas Permas Magetan Iswahjudi Yulianto mengatakan hingga sekarang PP tersebut belum ada sehingga Pemkab Magetan memilih menunggu dan tidak menarik sekdes PNS. Wacana penarikan PNS sudah terjadi pada tahun lalu. Saat itu usulan penarikan dilakukan oleh bagian administrasi pemerintahan dengan dasar Undang-Undang Desa tersebut.

 

 

Komentar
READ  Tunggakan BPJS Kesehatan Di RS Sayidiman Tembus 8 M

Baca Juga

Leave a Comment