Debit Air Waduk Gonggang Menyusut 35 Persen

MAGETAN – Sampai penghujung musim kemarau tahun ini, debit air di Waduk Gonggang menurun hingga 35 persen. Akibatnya, suplay air ke irigasi lahan pertanian ataupun untuk air bersih PDAM setempat juga menurun. Beginilah kondisi Waduk Gonggang yang ada di kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Di penghujung musim kemarau tahun ini, beberapa bagian waduk terlihat mengering.

Data dari petugas waduk setempat, sejak musim kemarau, debit air waduk terbesar di Kabupaten Magetan ini memang mulai berkurang. Saat ini debit air menurun hingga 35 persen. Kalau normalnya, volume air bisa mencapai 1,8 juta meter kubik, sekarang menjadi 1,2 juta meter kubik.

Kondisi ini menyebabkan suplay air untuk keperluan irigasi dan pelayanan air bersih PDAM, juga menurun dalam dua bulan terahir ini. Akibatnya, beberapa areal persawahan tadah hujan, yang bergantung pada waduk tersebut, mengalami kekeringan. Begitu juga layanan pdam di sebagian daerah juga terganggu akibat debit air waduk yang menurun.

Waduk Gonggang yang memiliki luas tampungan air sebesar 12,76 kilometer persegi ini, mensuplay kebutuhan air irigasi areal pertanian di tiga kecamatan, yaitu Poncol, Parang, dan kecamatan Lembeyan.

Tidak hanya irigasi, air di Waduk Gonggang juga dipergunakan untuk mencukupi air bersih PDAM, utamanya untuk pelanggan di kecamatan Parang dan Lembeyan.

Komentar
READ  Ratusan Santri Gelar Istighosah Untuk Pemilu Damai

Baca Juga

Leave a Comment