Harga Komoditas Turun Picu Deflasi 0,16 Persen

MADIUN – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Agustus 2017 Kota Madiun mengalami Deflasi sebesar 0,16 persen.  Hal ini dipicu oleh harga sejumlah komoditas di Kota Madiun yang mengalami penurunan.

Kota Madiun dalam bulan Agustus llalu mengalami Deflasi sekitar 0,16 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 127,55. Hal tersebut diketahui saat Pemkot Madiun menyelanggarakan rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di ruang 13 Balaikota Madiun. Deflasi terjadi karena adanya perubahan pada harga sejumlah komoditas.

Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi mengatakan deflasi di kota madiun harus segera disikapi. Saat ini, terjadi kevakuman atau ketidakstabilan di sejumlah pasar tradisional di Kota Madiun karena sejumlah komoditas melimpah sedangkan permintaan sedikit. Untuk itu, pemerintah kota madiun bakal mengupayakan untuk mendorong pasar-pasar tradisional agar tidak terjadi deflasi.

Deflasi tidak hanya terjadi di Kota Madiun, namun hampir seluruh kota,Kabupaten di Indonesia. Deflasi Kota Madiun Agustus 2017 dibawah Inflasi Jawa Timur -0,25 Persen (Deflasi), namun angka tersebut diatas Inflasi Nasional -0,07 persen.

Komentar
READ  AKBP Sonny : Harus Patuhi Maklumat Saat Suran Agung

Baca Juga

Leave a Comment