Kemeriahan Kirab Gunungan Tumpeng Bersih Desa Buduran

MADIUN – Seperti inilah suasana kemeriahan kegiatan bersih desa yang ada di desa Buduran, Wonoasri, Kabupaten Madiun. Tampak warga menggelar selametan di kantor desa setempat. Selanjutnya warga sangat antusias mengkirab gunungan raksasa yang berisi buah-buahan dan polo pendem dari hasil panen warga.

Mengiringi gunungan tersebut group drumband SDN Buduran, rombongan warga berdandan memakai pakaian tradisonal, group dongkrek religi karyo Taruno Budoyo, yang anggotanya merupakan muda mudi desa buduran serta Kesenian Reog Ponorogo. Sesampai di kantor desa, gunungan raksasa tersebut menjadi rebutan warga karena diyakini akan membawa berkah.

Perlu diketahui, kegiatan bersih desa ini merupakan agenda rutin yang digelar warga Buduran setiap tahunnya. Bertujuan sebagai wujud syukur warga buduran kepada Allah SWT, yang telah memberikan banyak kenimatan. Disamping itu upacara adat ini sebagai wujud kebersamaan masyarakat.

Filosofi dari gunungan yang berisi hasil bumi, adalah bentuk berkah dari sang maha kuasa yang perlu untuk disyukuri. Warga desa Buduran berharap kepada Allah agar diberikan panen yang berlimpah dan dijauhi dari hama penyakit.

Selain kirab tumpengan, desa buduran juga menggelar pengajian akbar dengan mengundang mubaligh kondang Kyai Haji Muhammad ali Sodikin atau Gus Ali dari Semarang. Dalam event tersebut group seni dongkrek religi Karyo Taruno Budoyo juga unjuk kebolehan untuk menghibur para penonton.

Diharapkan melalui kegatan bersih desa ini, desa buduran mampu menjadi desa yang Gemah Ripah Loh Jinawi.

Komentar
READ  Berdayakan Masyarakat Dengan Pelatihan Kerja

Baca Juga

Leave a Comment