Ribuan Lansia Terlantar, Baru 125 yang Tersentuh BAZ

 

MAGETAN – Pemerintah kabupaten Magetan masih mempunyai tugas berat untuk membantu para lansia terlantar. Pasalnya data dari BAZ setempat, ada ribuan lansia terlantar yang butuh bantuan, namun baru ratusan yang bisa ditangani BAZ.

Ketua Badan Amil Zakat, BAZ Kabupaten Magetan, Samsi mengatakan, ada ribuan orang lanjut usia, atau lansia terlantar yang butuh uluran tangan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun hingga saat ini, baru ada 125 orang lansia yang bisa ditangani oleh BAZ.

Samsi yang juga Wakil Bupati Magetan ini, mengatakan, keterbatasan anggaran yang dimiliki BAZ, menjadi penyebab belum tercovernya lansia terlantar secara keseluruhan.

Selama ini, dari lansia yang terdata mendapat bantuan rutin dari BAZ, yaitu 100 ribu perbulan, yang diterimakan setiap tiga bulan sekali. Penerima bantuan berdasar basis data lapangan, melalui survey oleh petugas BAZ bersama pemerintah desa setempat.

Sumber dana BAZ berasal dari infaq yang diberikan oleh Pegawai Negeri Sipil Magetan. Namun tidak semua PNS menyalurkan infaqnya melalui BAZ Magetan.

Data dari BAZ Magetan, dalam setiap bulan dana yang masuk rata-rata 40 juta rupiah. Sementara pengeluaran untuk penyaluran bantuan mencapai 30 hingga 35 juta. Selain untuk lansia terlantar, bantuan juga diberikan kepada fakir miskin, musafir, atau keluarga orang dengan gangguan jiwa.

 

Komentar
READ  Pertamax Meluber, SPBU Mini Hangus Terbakar

Baca Juga

Leave a Comment