Desa Se-Kecamatan Parang Ikuti Bimtek

MAGETAN – Apa yang dilakukan pemerintah desa se kecamatan Parang kabupaten Magetan ini, bisa menjadi contoh desa lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan, kepala desa dan perangkat desa di wilayah kecamatan Parang, mengikuti bimbingan teknis, penatausahaan keuangan desa.

Banyaknya peraturan soal pengelolaan keuangan, baik yang bersumber dari alokasi dana desa atau danan desa, menuntut pemerintah desa, untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola keuangan desa yang jumlahnya setiap tahun terus bertambah. Desa tidak hanya dituntut untuk menggunakan anggaran dana dalam membangun desa, akan tetapi penggunaan anggaran tersebut harus sesusai dengan peraturan yang ada, sehingga tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

Camat Parang, Umar Sahid, menjelaskan, sebelumnya, bimtek bagi kades dan perangkat desa se kecamatan Parang sudah sering dilakukan. Khusus kali ini, selain bimtek penatausahaan keuangan desa, juga dilakukan bimtek peningkatan kapasitas kelembagaan. Dua hal di atas sangat penting, dalam peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan desa dan membangun sinergitas antar pemdes, pendamping dan masyarakat. Sesuai dengan program Nawa Cita Presiden RI Jokowi, bahwa pembangunan harus dimulai dari pinggiran.

Kabid Pemberdayaan Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Magetan, Gunendar mengatakan, selain pribadi yang amanah pengetahuan tentang aturan dalam pengelolaan keuangan sangat penting bagi aparat desa sehingga setiap program yang menggunakan anggaran desa sesuai dengan aturan yang ada.

Bimtek bagi pemerintah desa se kecamatan Parang ini, digelar selama dua hari, hari pertama kades dan perangkat desa akan digodok dengan berbagai pengetahuan soal pengelolaan keuangan desa yang benar, dengan menghadirkan narasumber dari dinas PMD dan Inspektorat Magetan. Di hari kedua, bimtek difokuskan pada peningkatan kapasitas kelembagaan.

READ  Pemkot Resmi Buka Sunday Market

Berbagai bimtek yang dilakukan oleh desa sekecamatan parang dengan inisiasi dari kecamatan parang, sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, yaitu pelayanan yang cepat dan tepat. Apalagi dalam waktu dekat, di wilayah kecamatan parang akan menerapkan pelayanan terpadu dengan berbasis teknologi. Dengan tujuan memberi kemudahan bagi masyarakat yang mengurus adminstrasi kependudukan. Hal tersebut menuntut perangkat desa bisa menguasai teknologi berbasis komputer.

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment