Gunung Sigogor Rumah Paling Pas Untuk Elang Jawa

PONOROGO- Balai besar konservasi sumber daya alam (BBKSDA) Propinsi Jawa Timur kembali melepas satwa dilindungi di cagar alam Gunung Sigogor Kecamatan Ngebel Ponorogo. Dalam pelepasan satwa ke habitat aslinya tersebut petugas sengaja mengajak serta anak-anak pelajar.

Satu ekor satwa yang dikembalikan ke habitat aslinya ini yakni burung elang jawa atau yang biasa disebut burung garuda. Meski sedikit melelahkan karena harus berjalan masuk ke dalam hutan namun para pelajar ini terlihat cukup antusias dan bersemangat untuk menyaksikan proses pelepasan satwa yang  populasinya mulai mengalami kepunahan ini.

Petugas BKSDA berharap dengan mengajak para pelajar selain untuk menambah ilmu pengetahuan tentang satwa diharapkan mereka kelak akan ikut menjaga kelestariannya.

Menurut Kepala bidang KSDA wilayah satu Madiun, Hartoyo dipilihnya cagar alam Gunung Sigogor untuk melepasliarkan elang ini karena dinilai cukup banyak tersedia makanan. Selain itu potensi gangguan keamanan maupun ancaman kebakaran hutan ditempat ini cukup kecil sehingga aman untuk melepaskan burung garuda ini.

Tidak hanya menyaksikan proses pelepasan saja seluruh peserta juga diberikan penjelasan dan pengetahuan tentang satwa langka khususnya elang jawa. Elang jawa yang memiliki nama latin Nisaetus bartelsi saat ini populasinya terus berkurang akibat perdagangan dan perburuan liar. Data yang ada populasi di alam hanya tersisa sekitar 450 pasang saja.

Komentar
READ  Waduk Bendo Minta Tumbal, 1 Pekerja Tewas

Baca Juga

Leave a Comment