Akhir Musim Kemarau, Pengepul Mangga Panen Besar

MADIUN – Bulan-bulan menjelang akhir tahun, rupanya menjadi masa musim panen mangga di wilayah kabupaten Madiun. Pengepul bahkan bisa mengirimkan puluhan ton mangga dalam satu bulan ke sejumlah daerah di tanah air.

Salah satu pengepul mangga di kecamatan Saradan, kabupaten madiun, yang merasakan bagaimana musim kemarau yang mungkin akan segera berakhir di Madiun tersebut, masih membawa keuntungan kepada tanaman mangga. Kiriman mangga dari petani lokal di seluruh kabupaten bisa sampai tiga ton dalam sehari sejak musim panen dimulai sebulan lalu.

Selain itu, produk mangga di tahun ini lebih baik daripada di tahun lalu. Cuaca yang cenderung stabil antara penghujan dan kemarau, dianggap menjadi faktor utama yang menyebabkan melimpahnya panen mangga. Para pengepul biasanya memberi harga untuk mangga sekitar delapan ribu hingga 15 ribu rupiah perkilogram tergantung ukuran.

Sementara mangga tersebut dikemas sesuai kualitas, untuk diedarkan ke sejumlah pasar dan supermarket di berbagai daerah, seperti di ibu kota, dan luar pulau Jawa.

Pengepul mangga memprediksi, musim panen raya mangga akan berlangsung hingga awal tahun depan. Mangga mangga yang dikirimkan natinya akan kembali dipilah, menjadi berbagai kategori ada juga mangga mangga madiun yang dijual di supermarket tanah air karena kualitasnya yang bagus.

 

Komentar
READ  Diduga Gila, Seorang Pria Diamankan Dari Rumah Ketua MUI

Baca Juga

Leave a Comment