Pemkot Madiun Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

MADIUN – Pancasila mengandung makna yang sangat penting bagi sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Karena itulah Pancasila di jadikan sebagai idiologi dasar negara ini, yang berarti segala sesuatu yang di lakukan oleh bangsa ini haruslah di dasarkan pada nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sedangkan untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut tercetus karena adanya peristiwa pemberontakan dari partai komunis,yang kental dengan sebutan G30S PKI, insiden tersebut merupakan upaya dari PKI untuk mengubah idiologi pancasila menjadi idiologi komunis.

Oleh sebab itu, peristiwa tersebut telah menjadi sejarah kelam bagi bangsa ini.yang terus di peringati hingga saat ini sebagai hari kesaktian pancasila, yang di peringati oleh seluruh element bangsa ini dengan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Hal ini juga di laksanakan oleh Pemerintah Kota Madiun.dengan menggelar upacara peringatan hari kesaktian pancasila di Balai kota Pemkot Madiun. Upacara yang di laksanakan pada minggu kemarin di ikuti oleh peserta dari siswa siswi tingkat SMA dan Perguruan Tinggi, TNI, Polri hingga seluruh jajaran Pemerintah Kota Madiun.

Di gelarnya upcara tersebut merupakan upaya pemkot untuk mensikapi bahwa Idiologi Pancasila merupakan Idiologi yang tepat bagi bangsa ini, karena nilai nilai yang terkandung dalam pancasila mampu mencakup keberagaman dan kekayaan yang di miliki masyarakat Indonesia.

Mengingat bahwa Madiun merupakan saksi biksu dari kebiadapan pemberontakan PKI tersebut. Sugeng Rismianto selaku Walikota Madiun selalu menerapkan norma norma dalam pancasila untuk menjalankan roda pemerintahan yang ada di kota madiun. Hal ini di lakukan guna menghilangkan stigma dari masyarakat luar bahwa madiun merupakan gudang dari PKI pada masa lampau.

Oleh sebab itu, di harapkan bagi warga masyarakat Kota Madiun khususnya, agar selalu memegang teguh pancasila sebagai idiologi dasar bagi setiap warga Negara Indonesia.dan di harapkan juga untuk selalu waspada dengan adanya permasalahan idiologi yang menyimpang dari pancasila yang saat ini sedang hangat terjadi di bangsa ini.

READ  Semarak Pawai Budaya Nambangan Lor

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment