Ribuan Warga Muhammadiyah Nobar Film G30S/PKI

NGAWI- Ribuan warga Muhammadiyah dan anggota Kodim 0805 Ngawi menonton film dokumenter pemberontakan PKI Madiun dan pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI. Aktivitas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman generasi muda tentang bahaya laten komunisme.

Nonton bareng film G30S/PKI digelar di kompleks sekolah Muhammadiyah Kota Ngawi. Sekitar 1100 penonton mulai dari anak anak  hingga orang dewasa serta anggota dari Kodim 0805 Ngawi memadati lokasi. Para penonton juga diberikan makanan dan minuman ringan secara gratis.

Untuk membuat nyaman penonton didirikan dua buah layar sebagai media pemutaran film  yang berdurasi sekitar 3 jam. Sebelum pemutaran film utama juga ditayangkan dokumenter tentang pemberontakan PKI di Madiun pada 1948 yang korbannya banyak  dari kalangan kaum nasionalis dan agamis termasuk para aktivis Muhammadiyah.

Sebagian remaja mengaku baru pertama kali menonton film berlatar belakang pengkhianatan PKI pada tahun 1965 tersebut. Pemutaran film dokumenter pemberontakan PKI 1948 dinilai bisa menambah wawasan sejarah.

Bagi ormas Muhammadiyah nonton bareng film pengkhianatan PKI merupakan bagian edukasi kepada generasi muda agar menyadari bahaya laten komunis.

 

Komentar
READ  Ritual Ganti Kelambu Dari Alas Ketonggo

Baca Juga

Leave a Comment