Pilkades Serentak, Desa Digelontor 60 Juta

MAGETAN- Pemerintah Kabupaten Magetan menggelontorkan dana hingga 60 juta rupiah untuk desa yang akan menggelar pemilihan kepala desa. Kucuran dana untuk tiap desa memang tidak sama tergantung jumlah pemilih. Sesuai rencana pilkades serentak akan digelar pada awal November 2017 mendatang.

Salah satunya adalah Desa Ringin Agung Kecamatan Kabupaten Magetan. Desa yang menjadi sentra kerajinan anyaman bambu ini menjadi desa yang paling banyak pendaftar calon kepala desa dari 23 desa yang akan mengikuti pilkades serentak.

Karena di Ringin Agung ada  5 pendaftar cakades sementara desa-desa lainnya hanya 2 hingga tiga pendaftar. Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten Magetan, Iswahjudi Yulianto mengatakan sesuai aturan minimal pendaftar cakades adalah dua orang.

Untuk pelaksanaan pilkades serentak pemerintah menggelontorkan dana untuk masing-masing desa yang akan menggelar pilkades. Kucuran dana untuk tiap desa berbeda-beda. Dari 40 juta hingga 60 juta rupiah perdesa tergantung jumlah pemilih di desa tersebut.

Data dari Dinas Permas ada 23 desa yang akan menggelar pilkades serentak tersebar di 12 kecamatan, yaitu Kecamatan Magetan, Karas, Kawedanan, Sidorejo, Plaosan, Ngariboyo, Nguntoronadi, Sukomoro, Karangrejo, Barat, Kartoharjo dan Maospati.

 

 

 

Komentar
READ  2.653 Pelamar CPNS, 530 Dinyatakan TMS

Baca Juga

Leave a Comment