Serangan Hama Patek Membuat Cabai Jadi Keriting

PACITAN – Hama patek atau antraknosa menyerang tanaman cabai. Serangan hama membuat tanaman cabai menjadi kriting dan membusuk. Beberapa kali para petani mencoba menangkal hama dengan melakukan perawatan dan pengobatan namun tak berhasil.

Sebanyak 4,5 hektar lahan tanaman cabai di Desa Gunungsari Kecamatan Arjosari Pacitan terserang hama antraknosa atau biasa petani menyebutnya patek. Meski para petani sudah berusaha dengan cara perawatan seperti penyemprotan yang rutin namun usaha tersebut tak membuahkan hasil.

Umumnya serangan hama patek menyerang pada tanaman cabai dan buah hingga buah berubah warna menjadi putih dan rontok sebelum memasuki masa panen. Serangan hama ini terjadi setelah para petani kembali menanam cabai yang ke tiga kalinya.

Menurut salah satu petani cabai Jumio selain resah karena serangan hama ia juga gagal panen dan harus menanggung rugi mencapai 20 juta rupiah.

Serangan hama tidak hanya menyerang tanaman cabai siap panen, namun beberapa tanaman cabai yang baru ditanam juga rusak. Beberapa tanaman mengalami daun keriting dan sulit di obati. Para petani mencoba mencabuti tanaman yang terkena hama namun upaya itu tak cukup untuk mencegah penyebaran hama di wilayah tersebut.

Komentar
READ  Terendam Banjir, Sawah Jadi Pemancingan

Baca Juga

Leave a Comment