Ritual Ganti Kelambu Dari Alas Ketonggo

NGAWI – Ratusan warga sekitar Alas Ketonggo kabupaten Ngawi, menggelar tradisi unik setiap bulan suro. Tradisi ini, berupa Penggantian Langse di sebuah situs penganut aliran kepercayaan, serta diramaikan  rebutan tumpeng hasil bumi.

Ratusan warga dan pengunjung memadati  kawasan Alas Ketonggo di kecamatan Paron kabupaten Ngawi, untuk menonton Tradisi Ganti Langse. Tradisi ini digelar, untuk mengganti Langse atau Kelambu, Palenggahan Agung Srigati, salah satu situs persembahyangan bagi para penganut kepercayaan, khususnya kejawen.

Warga pedesaan, juga mengarak tumpeng raksasa berisi hasil bumi , untuk menyemarakkan suasana. Tumpeng dibuat dari berbagai macam sayuran dan bermacam ubi, hasil prduksi pertanian warga setempat.

Selama bulan suro, banyak warga mengunjungi Alas Ketonggo, untuk melakukan tradisi mandi, di lokasi pertemuan sungai, yang berada tak jauh dari Palenggahan Agung Srigati.

Pada puncak ritual tersebut, tumpeng kemudian diperebutkan oleh warga dan para pengunjung. Mereka rela berdesak desakan, untuk memperoleh sayuran dan ubi.

Alas Ketonggo merupakan salah satu situs yang disucikan, bagi para penganut aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, khususnya kejawen. Berbagai macam laku spiritual unik para penganutnya, menjadikan kawasan yang berada di wilayah hutan jati perhutani, menjadi salah satu destinasi wisata.

Komentar
READ  Ratusan Warga Desa Klitik Unjuk Rasa Ke Pemkab Ngawi

Baca Juga

Leave a Comment