Praperadilan Dan Sidang Tipikor Sama-Sama Berjalan

PACITAN- Meskipun berkas perkara dugaan korupsi pembangunan gedung Desa Gendaran telah dilimpahkan ke Pengadilan tindak pidana korupsi Surabaya, Pengadilan Negeri Pacitan memutuskan tetap melaksanakan sidang gugatan Praperadilan yang diajukan salah satu tersangka berinisial, SW.

Hakim tunggal Supid Arso Hananto membuka sidang gugatan Praperadilan yang diajukan SW salah satu tersangka korupsi pembangunan gedung Desa Gendaran. Pada sidang perdana ini hakim memeriksa pokok materi gugatan yang diajukan Kepala Desa Gendaran serta menentukan target penyelesaian persidangan Praperadilan.

Pihak penggugat yang diwakili kuasa hukum, Andi Wirasadi mempersoalkan proses penetapan tersangka yang dilakukan penyidik Kejaksaan. Awalnya SW diperiksa sebagai saksi lalu ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke rumah tahanan kelas II B Pacitan dalam waktu singkat tanpa didampingi kuasa hukum.

Selain itu nilai kerugian keuangan negara sebesar 80 juta rupiah dinilai terlalu kecil ketimbang nilai aset tanah yang dihibahkan tersangka untuk pembangunan gedung serba guna Desa Gendaran.

Sementara itu pihak tergugat Kejaksaan Negeri Pacitan memilih mengikuti proses persidangan praperadilan meskipun berkas perakara dan tersangka dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya.

Sesuai rencana sidang perdana di Pengadilan Tipikor akan digelar pada kamis mendatang. Usai pemeriksaan sidang gugatan praperadilan  ditunda dan akan dilanjutkan pada selasa dengan agenda penyampaian jawaban gugatan dari pihak termohon atau Kejaksaan Negeri Pacitan.

 

Komentar
READ  Ribuan Umat Islam Kecam Amerika Duduki Palestina

Baca Juga

Leave a Comment