Rebutan Kue Bolu, Ada Yang Dapat Satu Tas Kresek

MAGETAN – Ribuan warga Magetan berdesakan berebut kue bolu rahayu dalam kirab Nayoko Projo yang digelar  Pemkab Magetan. Mereka rela berdesakan untuk mendapatkan salah satu kue khas Magetan tersebut karena dianggap bisa memberi berkah.

Pasca dikirab keliling Kota Magetan menuju alun-alun ribuan warga langsung berebut kue bolu. Mereka rela berdesak-berdesakan dengan warga lainnya demi mendapatkan salah satu jajanan khas magetan tersebut. Dalam sekejab ribuan kue yang terbuat dari tepung dan telur tersebut ludes.

Mereka mempercayai bolu kali ini bukan sekedar kue yang biasa dibeli di pasar-pasar tradisional akan tetapi bolu yang dikirab dan didoakan tersebut dipercaya bisa mendatangkan berkah dan kesehatan bagi yang bisa mendapatkannya dan mengkonsumsinya.

Salah satu warga sekitar, Eka Yesi Ramadhani mengaku rela meluangkan waktu ikut antre berjam-jam di alun-alun Magetan hanya sekedar ingin mendapatkan kue bolu yang dipercayainya bisa mendatangkan berkah.

Tradisi yang dikenal dengan nama kirab nayoko projo andum berkah bolu rahayu ini digelar sebagai rangkaian hari jadi Kabupaten Magetan yang ke-432. Selain sebagai lambang keberkahan menurut Bupati Magetan Sumantri kirab bolu sebagai upaya Pemkab Magetan melestarikan perajin kue bolu di Magetan.

Komentar
READ  Kenaikan Tarif PDAM Masih Gelap

Baca Juga

Leave a Comment