Petani Menjerit, Kacang Hijau Dan Kedelai Diserang Hama

BOJONEGORO – Dampak pancaroba atau menjelang pergantian musim membuat puluhan hektaran tanaman kedelai dan kacang hijau milik petani di Kabupaten Bojonegoro rusak diserang hama. Akibatnya, hasil panen para petani terancam merosot karena daun dan biji tanaman menjadi keriting dan bolong-bolong.

Menjelang masa pergantian musim kemarau ke musim penghujan atau pancaroba puluhan hektar tanaman kedelai dan kacang ijo tersebar di wilayah Bojonegoro terancam gagal panen. Menurut sejumlah petani masa pergantian musim tersebut telah mengundang penyakit akibat diserang hama tanaman seperti hama jenis wereng dan ulat.

Akibat serangan berbagai hama tersebut pertumbuhan tanaman kacang hijau dan kedelai petani menjadi tidak normal. Mulai dari pertumbuhannya yang kerdil daunnya yang keriting hingga biji tanaman bolong-bolong dan kopong alias tak berisi.

Biasanya, hama-hama ulat maupun wereng ini menyelinap dibalik daun tanaman. Sedangkan untuk hama jenis ulat ini langsung masuk dan menggerogoti dari dalam biji tanaman. Salah satu petani yang mengalami kondisi serupa adalah Komari warga Desa Ngumpak Dalem, Keca

matan Dander.

Guna menanggulangi serangan penyakit dan hama serta untuk menghindari kerugian yang lebih besar para petani desa setempat melakukan penyemprotan tanamannya dengan menggunakan obat jenis insektisida.

1,583 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar
READ  Resik-Resik Bengawan Jelang Festival Bengawan

Baca Juga

Leave a Comment