Ini dia ! Cita rasa kopi asli Madiun mulai diperkenalkan

MADIUN – Jika anda pecinta kopi, tentu anda pasti ingin mencoba cita rasa kopi dari berbagai daerah. Selain di wilayah kandangan Kare, kopi khas Seweru Lereng Wilis Madiun yang dikelola kelompok petani kopi mulai diperkenalkan sebagai Kopi Khas Kabupaten Madiun .

Berkumpul sambil berbincang, selalu terasa nikmat jika dilakukan sambil ngopi. Di desa Suweru, kecamatan Kare, kabupaten Madiun, ada sebuah kelompok tani kopi yang membuat usaha pembuatan produk kopi olahan Robusta, Asli, diambil dari perkebunan Lereng Gunung Wilis.

Sekitar 50 anggota kelompok Petani Kopi di desa Suweru, kecamatan Kare, kabupaten Madiun, mengelola 3500 pohon kopi di lahan seluas 35 hektar. Dari kebunnya, petani mampu meraup hasil panen sebesar 20 ton, atau naik daripada tahun lalu, yang hanya mampu mengumpulkan 17 ton sepanjang tahun. Cuaca tahun ini yang lebih baik dianggap petani, menjadi faktor utama keberhasilan panen.

Kelompok tani kopi ini  membuat usaha pembuatan produk kopi olahan Robusta asli, diambil dari perkebunan lereng Gunung Wilis. Produk ini dijual dalam kemasan kecil seharga 7000 rupiah dan untuk ukuran besar 15000 rupiah.

Petani kopi berharap cuaca agar tetap stabil seperti sebelumnya, sebab kondisi cuaca sangat menentukan kualitas rasa kopi.

Produk kopi para petani setempat ini dijual dalam kemasan kecil, seharga 7000 ripuah, dan untuk ukuran besar 15000 rupiah. Produk produk ini baru dipasarkan di sekitar Madiun Raya saja.

Komentar
READ  Gali Seniman Muda, Warga Rejomulyo Gelar Panggung Pentas Seni

Baca Juga

Leave a Comment