Dinas Kominfo Magetan Kampanyekan Anti Hoax

 MAGETAN – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Magetan yang ke-342, pemkab magetan menggelar Pekan Pasar Rakyat Magetan, atau PPRM, yang dipusatkan di gelanggang olah raga, Gor Ki Mageti Magetan. PPRM sebagai ajang pameran produk lokal yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Pemkab Magetan, dan Pegiat UMKM ini,  dibuka langsung oleh Bupati Magetan, Sumantri, bersama Wakil Bupati Samsi.

Salah satu yang ikut memeriahkan PPRM tahun 2017 ini, adalah Dinas Komunikasi Dan Informatika, atau Kominfo Kabupaten Magetan. Moment mengikuti PPRM selama lima hari sejak tanggal 12 oktober sampai dengan 16 oktober ini, dimanfaatkan oleh Dinas Kominfo untuk mengkampanyekan Anti Hoax.

Bupati Magetan sumAntri, bersama jajaran menyempatkan diri mampir di stand pameran Dinas Kominfo yang beradai di sisi timur Gor Ki Mageti Magetan. Bupati Sumantri dan jajaran Forkopimda, cukup mengapresiasi Dinas Kominfo yang terus berupaya mengajak masyarakat untuk cerdas memilih berita dan informasi yang benar dan bermanfaat, bukan berita palsu atau Hoax.

Dinas yang terbentuk sejak tahun 2107 ini, memang sangat gencar mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk cerdas melawan berita atau informasi Hoax, maupun berita Provokatif. Hal tersebut, dilakukan karena pemberitaan hoax sangat merugikan semua pihak. Bisa merusak segala aspek, baik aspek sosial,ekonomi, politik pemerintahan, keagamaan, maupun lainnya.

Plt Kepala dinAs Kominfo Magetan, Agung Samirono, mengatakan, bahwa modernisasi yang ditandai dengan kebebasan berpendapat, keleluasaan mengunggah informasi di sosial media atau media online, seringkali dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan informasi hoax, informasi yang provokatif.

Dari itu, masyarakat dituntut untuk cerdas dalam memilih berita atau informasi yang valid, sehingga tidak terjerumus pada informasi yang sumber dan penyajiannya, tidak bisa dipertanggungjawabkan

READ  BPJS Ketenagakerjaan Tancap Gas Jumlah Kepesertaanya Di Ponorogo

Selain kampanye cerdas melawan hoax di beberapa kesempatan pemeran, Dinas Kominfo Magetan juga membangun kelompok informasi masyarakat, atau KIM, yang ada di hampir seluruh desa di Magetan. Begitu juga keberadaan relawan teknologi informatika yang ada , cukup membantu visi misi pemerintah, khususnya Dinas Kominfo dalam memerangi berita palsu.

Dalam kesempatan pameran di PPRM, Dinas Kominfo bersama kelompok informasi masyarakat, juga membagi-bagikan selebaran yang berisi tips untuk mengidenfitikasi berita palsu. Berbagai tips tersebut diantaranya, amati tautan, telusuri lebih dalam sumber berita, hati-hati dengan judul provokatif, cermat memilih alamat situs, periksa fakta, dan cek keaslian foto.

Menurut Agung, Dinas Kominfo tidak hanya konsen dalam mengkampanyekan cerdas melawan Hoax, akan tetapi kedepan bersama kelompok informasi masyarakat yang dibentuk,  juga bisa memasarkan produk umkm magetan, melalui media sosial atau website. Keberadaan Dinas Kominfo, bersama jajarannya, memegang peranan penting dalam melahirkan informasi yang benar dan bermanfaat, sekaligus membantu UMKM memasarkan produk dalam pusaran Masyarakat Ekonomi Asean.

 

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment