Papan Adipura Berkarat, Ancam Pengguna Jalan

KAB. MAGETAN – Selain papan selamat datang di Maospati yang roboh menimpa pengendara motor, ada lagi papan nama yang sama yang melintang di perbatasan magetan-ngawi. Kondisinya sebagian besar berkarat, dan membahayakan pengguna jalan, kalau sewaktu-waktu roboh.

Beginilah kondisi papan nama bertuliskan magetan adipura kencana, yang berada di desa Baluk kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Beberapa bagian papan yang berada di perbatasan Magetan- Ngawi ini, kondisinya sudah berkarat.

Papan berbahan besi dan seng yang sudah dibuat puluhan tahun silam ini, mengancam keselamatan pengguna jalan raya. Apalagi, tahun pembuatan papan ini, sama dengan papan selamat datang yang ada di kecamatan Maospati, yang roboh menimpa pengendara motor beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Magetan, Hergunadi, mengaku masih akan berkoordinasi dengan Sekda Magetan, apakah, papan Adipura di Perbatasan Ngawi Magetan tersebut akan dirobohkan atau akan diperbaiki.

Diakuinya, kondisi konstruksi yang terbuat dari besi memang sebagian sudah berkarat. Pembangunan dan perawatan papan ini sama dengan papan selamat datang yang ada di Maospati.

Sementara itu, ketua Komisi D DPRD Magetan Pangayoman, mendesak Pemkab melakukan pemeriksaan berkala terhadap kontruksi bangunan. Sehingga tragedi robohnya papan nama di Maospati tidak terluang lagi.

Menurut Pangayoman, sesuai dengan Permen PU nomer 20 tahun 2010, tentang pemanfaatan dan penggunakan bagian-bagian jalan , papan melintang memang dilarang. Akan tetapi kalau papan tersebut bukan papan reklame, atau komersil, tetap diperbolehkan, dengan melihat konstruksi bangunan sesuai dengan Permen PU tersebut.

Komentar
READ  Oalah Begini To Jinakkan Api Dari Tabung LPG

Baca Juga

Leave a Comment