Nekat Pasang Strobo Dan Sirine? Ini Akibatnya

KAB MADIUN – Jajaran Satlantas Polres Madiun kian gencar melakukan razia roda 2 dan 4 yang menggunakan lampu Strobo dan Sirine yang bukan milik Kedinasan . Karena menyalahi aturan, petugas langusng melakukan tilang dan langsung mencopot bagi kendaraan yang kedapatan memakai lampu Strobo dan Sirine yang bukan keperuntukanya.

Setiap kendaraan yang melintas di jalan raya Nglames Jalur Madiun Surabaya diperiksa satu persatu oleh petugas Satlantas Polres Madiun . Mulai dari kendaraan roda dua dan roda empat kemudian dilakukan pemeriksaan.

Sejumlah kendaraan roda empat kedapatan masih nekat memasang lampu Strobo pada mobil pribadinya, ironisnya yang kedapatan melakukan pelanggaran yakni sebagaian dari mereka para aparatus sipil negara. Sebagian dari mereka mengaku belum tau jika adanya larangan penggunaan lampu Strobo pada kendaraan pribadi , sebab mereka menganggap lampu yang mereka pasang dimobil mereka hanyalah sebagai hiasan aksesories.

Bagi anda yang memili­ki kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang memakai lampu Aksesoris, Strobo dan Sirine, ada baiknya untuk segera melepasnya dari kendaraan pribadi anda . Hal ini selain menyalahi aturan juga akan ditilang oleh jajaran Satlantas Polres Madiun.

Diketahui, lampu lampu Strobo yang berwarna warni tidak sembarangan digunakan. Seperti warna biru lengkap dengan sirine hanya diperuntukkan bagi petugas kepolisian. Sedangkan lampu warna merah, diperuntukkan bagi kendaraan Emergency seperti Mobil Pemadam Kebakaran, Ambulance dan juga mobil tahanan.

Sedangkan lampu Rotat­Or warna kuning untuk kendaraan berat dan kendaraan bermuatan berbahaya. Semua sudah diatur dalam uu no 22 tahun 2009, sehingga bagi pemakai lampu Strobo dengan kepentingan yang tidak jelas  keperuntukan dan kegunaanya akan ditilang dan dilakukan penyitaan.

Komentar
READ  Pasca Idul Adha, Pedagang Daging Justru Merugi

Baca Juga

Leave a Comment