TKW Dan TKI Ponorogo Wajib Punya Ansuransi

KAB. PONOROGO – Bagi seluruh warga Ponorogo yang hendak bekerja ke luar negeri di wajibkan mendaftarkan diri ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial setempat. Aturan ini wajib ditaati,, sebab kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan merupakan syarat mutlak bagi para TKW dan TKI yang hendak bertolak ke luar negeri.

Seusai rapat koordinasi antara pemerintah kabupaten Ponorogo dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan Ponorogo, Bediono, yang tak lain kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi ponorogo menjelaskan, jika seluruh tenaga kerja wanita atau tenaga kerja indonesia wajib memiliki jaminan sosial.

Dalam penjelasannya, nantinya Bediono akan mewajibkan masyarakat Ponorogo yang hendak bekerja ke luar negeri, untuk menyerahkan surat kepesertaan bpjs ketenagakerjaan. Hal ini merupakan syarat mutlak bagi para TKW dan TKI yang ingin bekerja ke luar negeri,

Sedangkan jika tidak mengurus jaminan sosial, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan bekerja ke luar negeri. Ini menyusul, banyaknya kasus TKW atau TKI yang belum punya jaminan sosial, membuat pemerintah turun tangan dan mewajibkan seluruh TKW dan TKI punya jaminan sosial.

Hal ini sangat menguntukang para TKW dan TKI, sebab nantinya para TKW atau TKI asal Ponorogo bisa mendapat jaminan sosial, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, hinga jaminan pensiun.

Sementara, selain mewajibkan TKW, TKI asal Ponorogo mempunyai jaminan sosial, pemerintah ponorogo juga memperingatkan para perusahaan perusahan di Ponorogo untuk segera mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan sejumlah sangsi tegas akan dikeluarkan pemerintah, jika ada perusahaan yang membangkang atau tidak menghiraukan peraturan pemerintah Ponorogo.

 

Komentar
READ  Warga Bungkal Lahirkan Bayi Perempuan Kembar 3

Baca Juga

Leave a Comment