Tradisi Tangkap Ikan Unik, Jaring Ditarik 50 Orang

PACITAN- Menjelang senja, banyak warga yang memadati pantai Padidangkal di Dusun Pringkantung Desa Wora Wari Kecamatan Kebonagung Pacitan. Aktifitas eret atau menangkap ikan dengan cara menarik jaring ke tepi pantai ini merupakan salah satu budaya turun temurun sejak puluhan tahun silam.

Proses tangkap ikan dengan cara yang terbilang unik ini di awali dengan menebar jaring ikan sepanjang 500 meter  ke tengah laut menggunakan kapal nelayan. Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak para nelayan menebar jaring tersebut hingga 1 kilometer dari bibir pantai.

Usai  jaring tersebar tali kedua ujung jaring kemudian di tarik ke pinggiran laut dan diikat dengan patok kayu agar tali yang akan di tarik ini tidak hanyut. Dengan bergotong royong para nelayan pun menggeret tali tersebut layaknya lomba tarik tambang.

Uniknya, tidak hanya nelayan setempat para warga dari luar daerah pun juga ikut datang dan menarik tali jaring serta merasakan sensasinya. Untuk sekali tarik dengan tenaga 30- 50 orang proses eret atau menarik jaring bahkan memerlukan waktu hampir setengah jam lamanya.

Hasil tangkapan berupa ikan tengiri layur serta jenis ikan lainya kemudian di bagi rata kepada para nelayan dan warga yang ikut menarik jarring. Meskipun hasil yang di dapat tak seberapa kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap gotong royong antar warga masyarakat.

Komentar
READ  Diduga Malpraktek, RSUD Ponorogo Disomasi

Baca Juga

Leave a Comment