Belum Ada Penghayat Kepercayaan Ajukan Rubah Data KTP

KAB. MAGETAN – Meskipun MK sudah memutuskan memasukkan penghayat kepercayaan pada kolom agama di KTP, akan tetapi hingga sekarang belum ada penghayat kepercayaan di magetan yang mengajukan permohonan perubahan data. Disdukcapil, juga masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Kalau selama ini, kolom agama di KTP atau KK untuk penghayat kepercayaan dikosongi. Pasca ada keputusan Mahkamah Konstitusi status penghayat kepercayaan, dapat dicantumkam di adminsitrasi kependudukan.

Mereka penghayat kepercayaan dipersilahkan mengajukan perubahan data ke Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Disdukcapil setempat. Namun sejak keputusan Majelis Hakim MK tersebut, belum ada pengajuan perubahan data KK atau KTP, yang diterima Disdukcapil Magetan.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Magetan, Sugiyanto, mengatakan, kalaupun ada, nanti pihaknya akan menampungnya terlebih dahulu. Karena hingga saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Sebelum ada keputusan mk tersebut di atas, menurut sugiyanto, memang ada pemohon KK atau KTP yang nota bene penghayat kepercayaan. Sebelumnya kolom agama baik di KK atau KTP, dikosongi.

Sebelumnya ada dua opsi, pencantuman penghayat kepercayaan di kolom agama KK atau KTP. Pertama hanya mencantumkan “Penghayat Kepercayaan”, atau yang kedua dengan mencantumkan nama penghayat kepercayaan.

Opsi pertama nampaknya akan diambil pemerintah, mengingat jumlah penghayat kepercayaan di indonesia cukup banyak.

Komentar
READ  Satreskrim Polres Magetan Amankan 300 Kg Daging Sapi Gelonggongan

Baca Juga

Leave a Comment