Pemkab Nekat Dirikan Pabrik Gamping, Warga Tetap Melawan

PONOROGO – Polemik tambang batu gamping yang ada di Desa Sampung Kecamatan Sampung Ponorogo terus berlanjut. Pemkab Ponorogo justru menyalahi aturan yang dibuat sendiri. Sudah jelas tak ada persetujuan dari warga, namun Pemkab Ponorogo nekat membangun pabrik gamping, kendati saat ini proses ijin HO telah dihapus namun tetap saja warga yang terkena dampak pendirian itu.

Inilah kondisi gunung gamping sesaat setelah ditambang oleh alat berat milik Pemkab Ponorogo. Gunung yang dulunya hijau kini rusak dan hancur. Padahal ijin tambang resmi belum dikeluarkan oleh pihak ESDM Provinsi Jatim.

Tak hanya itu selain merusak gunung kini Pemkab Ponorogo juga membangun pabrik untuk pengolahan batu gamping yang ada di wilayah tambang. Padahal ratusan warga yang berada di sekitar lokasi tidak setuju dengan adanya pendirian pabrik.

Suwandi Direktur PD Sari Agung mengatakan luasan lahan gunung gamping tidak akan habis meski digali dengan alat berat. Alasan lainya, Pemda harus mendapatkan pemasukan PAD dari sektor tambang karena selama ini hanya mendapat masukan 9 juta per tahun. Sebab itu Pemda tetap nekad menggali tambang karena untuk memenuhi jatah pabrikan.

 

 

Komentar
READ  Polisi Selidiki Kasus Hilangnya Uang Nasabah Bank BRI

Baca Juga

Leave a Comment