UMK 2018, kab. Magetan Terendah Di Jawa Timur

KAB. MAGETAN – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menetapkan besaran UMK tahun 2018. Dari data yang ada, UMK kabupaten Magetan terendah di Jawa Timur. Sama dengan Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek. Dinas Tenaga Kerja segera melakukan sosialisasi.

Para pekerja atau buruh di Magetan, bisa sedikit tersenyum. Karena Upah Minimum Kabupaten/Kota atau UMK Magetan tahun 2018 naik dibanding tahun ini. Sesuai penetapan UMK oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, UMK kabupaten Magetan, tahun 2018 sebesar Rp.1.509.816, 00.

Angka ini naik kurang lebih 8 persen dibanding UMK tahun 2017 ini sebesar Rp.1.388.850, 00. UMK kabupaten Magetan, yang ditetapkan, merupakan UMK terendah di Jawa Timur. Sama dengan kabupaten Pacitan, Ponorogo,dan Trenggalek.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Magetan Suyadi, mengatakan, penetapan UMK tahun 2018, sama dengan nilai pengajuan oleh Pemkab Magetan. Angka tersebut didapat dari survey. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi ke pemilik usaha di Magetan.

Diharapkan, penetapan UMK Magetan tahun 2018 ini, ditaati oleh perusahaan. Bagi yang merasa tidak mampu membayar sesuai UMK, bisa mengajukan surat penundaan ke Dinas tenaga kerja setempat.

Selain itu, Dinas Tenaga Kerja Magetan juga siap mendampingi pihak pekerja, apabila perusahaan yang bersangkutan, tidak membayar upah pekerja sesuai UMK.

Komentar
READ  Jalur Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

Baca Juga

Leave a Comment