Ratusan Warga Berebut Uang Receh, Diyakini Membawa Berkah

Kab Madiun – Dalam rangka memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW warga Desa Kedondong Kabupaten Madiun menggelar tradisi “sebar udikan” atau rebutan uang koin senilai puluhan juta rupiah. Uang uang tersebut diperebutkan sebagai wujud syukur dan berkah kebaikan yang selama ini di terima warga setempat.

Meski hanya berupa jajanan namun bukan hanya anak-anak saja yang ikut rebutan. Banyak orang dewasa juga ikut berebut jajanan bahkan mereka rela melompat dari atas panggung demi mendapatkan jajanan. Sementara itu saat menebar uang koin para sesepuh dan tokoh masyarakat melantunkan sholawat nabi. Usai rebutan jajanan kini berganti rebutan uang koin yang jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah. Ratusan warga mulai dari anak-anak dewasa hingga lansia berdesakan untuk mendapatkan uang koin.

Tidak sedikit warga yang terjatuh dan bahkan terinjak-injak saat berdesakan dengan ratusan warga lainnya. Namun mereka tetap saja berebut demi mendapatkan uang koin. Kegiatan ini sudah berlangsung turun-menurun. Tradisi ini bermakna saling berbagi dan bersedekah khususnya bagi warga tidak mampu.

Menurut tokoh masyarakat Sudarmoko tradisi sebar udikan atau rebutan uang koin digelar untuk memperingati hari maulud Nabi Muhammad. Sementara uang puluhan juta merupakan uang dikumpulkan dari para donatur dan dari keluarga.

Tradisi sebar udikan sudah ada sejak puluhan tahun silam yang merupakan tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Dulu rebutan uang koin awalnya hanya dilakukan di kalangan keluarga sendiri dan tetangga. Namun belakangan ini orang yang ikut rebutan sudah mencapai ratusan dan mereka bukan hanya dari warga desa setempat melainkan juga berasal dari luar desa bahkan luar kecamatan. Tradisi ini akan terus silakukan setiap memepringati maulud nabi.

Komentar
READ  Begini Jadinya Jika Lansia Lupa Mematikan Api Tungku

Baca Juga

Leave a Comment