Berkah Petani Saat Musim Durian Di Lereng Gunung Lawu

NGAWI -Gunung lawu bagian utara yang masuk wilayah Kabupaten Ngawi tak hanya memiliki keindahan alam saja tetapi juga terkenal  sebagai kawasan penghasil durian. Setiap musim panen tiba warga setempat mendapatkan berkahnya dengan menjadi pedagang durian. Banyak pengunjung lokal hingga luar negeri berburu buah tersebut.

Suasana lereng gunung lawu bagian utara tepatnya masuk wilayah Kecamatan Ngrambe Ngawi, saat musim durian tiba banyak warga setempat yang beralih mata pencaharian menjadi pedagang durian. Mereka berdagang dengan mengambil lokasi strategis di pinggir jalan antar kecamatan untuk menarik perhatian pembeli.

Para pedagang biasanya berjualan sekitar 3 hingga 5 bulan tergantung banyaknya persediaan buah durian di kawasan tersebut. Hasil berdagang buah durian menjadi berkah tersendiri karena bisa menambah penghasilan keluarga.

Beragam buah durian hasil perkebunan warga setempat dijual pedagang dengan harga terjangkau. Pembeli dapat memilih durian mulai dari 15 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah. Kualitas durian terbaik biasanya disebut super tidak bergantung besar kecil tetapi rasanya.

Setiap musim panen durian tiba kawasan ini banyak dikunjungi warga luar daerah terutama dari kawasan Jawa Tengah. Banyak pedagang dari luar daerah yang datang untuk kulakan lalu dijual kembali.  Warga umum juga banyak berdatangan bahkan ada juga warga negara Turki yang menggemari buah durian karena jarang dijual di negaranya.

Komentar
READ  Laka Bus Homodo Vs Mobil Pick Up, 1 Orang Tewas

Baca Juga

Leave a Comment