Petani Resah, Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

KAB MADIUN- Puluhan hektar sawah di dua kecamatan Kabupaten Madiun terendam banjir. Sejumlah petani merasa resah karena tidak bisa melakukan aktifitas bercocok tanam. Dipastikan akibat banjir ini, area persawahan mereka rusak, karena derasnya arus air dan hama yang merusak tanaman padi.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Madiun tak hanya mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam banjir, bahkan area persawahan warga pun juga terdampak. Sekitar 30 hektar lahan sawah yang memasuki masa tanam terendam banjir. Ini akibat saluran air tersumbat proyek double track dan sungai sungai sekitar tak mampu menampung air hingga meluap ke area persawahan.

Banjir  merendam area persawahan yang mayoritas ditanami padi oleh warga. Kini petani sekitar tak dapat melanjutkan aktifitasnya untuk bercocok tanam. Mereka terpaksa harus menunda hingga air sudah surut. Karno, salah seorang petani mengaku jika setiap hujan deras mengguyur daerah sekitar, dipastikan area persawahan akan kena dampak.

“ Saya kawatir sekali saat ini selain rusaknya area persawahan akibat banjir, pastinya hama wereng maupun keong akan juga merusak tanaman padi kami,” keluh Karno, petani setempat.

Hingga kini petani masih belum mampu menghitung kerugian akibat musibah banjir yang merendam sawah mereka. Diperkirakan kerugian materil per satu hektar sawah mencapai satu hingga dua juta rupiah.

Komentar
READ  Over Stay, WNA Malaysia Dideportasi Imigrasi

Baca Juga

Leave a Comment